Kenali Jenis Kulit Wajahmu dan Cara Perawatannya

Seperti halnya kulit pada umumunya, kulit wajah memiliki beberapa jenis  yaitu diantaranya kulit berminyak, kulit kering, kuit normal, kulit kombinasi, dan juga kulit sensitif. Jenis kulit wajah manusia tegantung pada beberapa faktor, yaitu kandungan air pada kulit yang bisa mempengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang akan berpengaruh pada nutrisi dan kelembutan kulit, serta tingkat kepekaan terhadap suatu zat. Ternyata jenis kulit kita bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia lho girls, jenis kulit juga bisa berubah karena hal ini, misalnya faktor genetik atau suatu penyakit.

Mengenali jenis kulit wajah kita ternyata sangat penting guiz, karena dengan mengetahui jenis kulit kita akan memudahkan kita dalam memilih produk skincare yang tepat, dan memilih penanganan dengan cara yang tepat juga.

Yuk mimiw kasih tau apa saja jenis-jenis kulit wajah dan gimana cara penaganannya :

1. Kulit wajah kering

Seseorang yang memiliki jenis kulit kering akan kurang memiliki kelembapan pada lapisan kulit terluarnya, hal ini akan mengakibatkan retakan pada permukaan kulit.  Ciri-ciri kulit kering yaitu akan terasa kering jika disentuh, biasanya memiliki pori-pori yang hapir tidak terlihat, kulit wajah terlihat kusam dan kasar.

Jenis kulit kering ini lebih mudah memerah, bersisik,  kasar, dan meradang. Kulit kering biasanya disebabkan oleh faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca, sinar matahari, radiasi, atau dari bahan yang terkandug dalam produk sabun, kosmetik, pembersih hingga obat-obatan.

Perawatan yang bisa dilakukan untuk kulit kering diantaranya :

  1. Gunakan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan wewangian, gunakan pembersih yang lembut.
  2. Jika mencuci wajah dengan air hangat jangan melakukannya terlalu lama
  3. Gunakan sabun wajah yang berfungsi melembabkan

2. Kulit wajah berminyak

Si kulit wajah berminyak disebabkan karena produksi dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebihan. Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak, sedangkan kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terdapat dibawah permukaan kulit. Walaupun sebum ini berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, namun kelebihan sebum malah akan menyebabkan wajah menjadi berminyak, pori-pori wajah tersumbat dan berjerawat.

Ciri-ciri kulit wajah berminyak yaitu memiliki pori-pori wajah yang besar, terlihat berkilau tetapi kusam, biasa disertai munculnya jerawat, komedo, dah noda hitam pada wajah.

Perawatan yang cocok untuk kulit wajah berminyak, diantaranya :

  1. Rajin mencuci muka, setidaknya 2 kali sehari. Gunakan sabun cuci wajah yang lembut dan mengandung gliserin.
  2. Selalu sediakan kertas minyak, walaupun kertas minyak tidak mencegah produksi sebum yang berlebih, namun kertas minyak ini dapat membantu meminimalisir kelebihan minyak pada wajah.
  3. Kosmetik clay , jenis kosmetik ini akan membantu menyerap minyak pada kulit wajah dan mengobati kondisi kulit berminyak. Sahabat Evana juga bisa menggunakan masker clay sebagai salah satu perawatan.
  4. Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.
  5. Kurangi penggunaan make up yang berlebihan, terutama foundation. Pilihlah produk yang berbasis air dan bukan berbasis minyak.
  6. Gunakan produk tabir surya dan pelembap yang tidak mengandung minyak

3.  Jenis kulit Normal

Beruntung sekali jika Sahabat Evana memiliki jenis kulit normal, karena jenis kulit normal cenderung memiliki keseimbangan antara kandung air dan kandungan minyak pada wajah sehingga tidak terlalu kering tapi juga tidak berminyak. Si kulit normal ini biasanya jarang memiliki masalah pada klit, tidak terlalu sensitif, pori-pori wajahpun tidak bermasalah, serta terlihat bercahaya.

Perawatan kulit normal bisa dibilang cukup mudah, Sahabat Evana cukup menggunakan perawatan wajah untuk kulit normal. Gunakan sabun pembersih muka yang lembut dan bersihkan secara perlahan.

4. Kulit wajah kombinasi

Jenis kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit wajah berminyak dan kering, si kulit wajah kombinasi ini biaseanya akan memiliki kulit berminyak pada beberapa bagian wajah saja contohnya zona T (dagu, hidung, dahi), dan bagian seperti pipi akan tetap kering.

Untuk merawat jenis kulit wajah kobinasi bisa diperlukan berbagai produk perawatan kulit wajah, pelakuan terhadap tiap bagian wajahpun berbeda, misalnya pembersih ringan dan pelembab diperlukan pada bagian pipi, sementara pelembab dan produk anti jerawat dibutuhkan pada zona T

5. Kulit wajah sensitif

Jenis kulit wajah yang satu ini memiliki kepekaan yang rendah terhadap beberapa hal. Kulit sensitif sangat mudah mengalami iriasi ataupun alergi, serta ruam karena beberapa hal seperti kosmetik, paparan sinar matahari, makanan. Ciri-cir kulit sensitif yaitu akan udah mengalami kemerahan gatal, kering, pengelupasan, serta terbakar ketika terjadi kontak dengan hal pemicunya.

Perawatan kulit sensitif bisa dengan mengetahui pemcu alergi atau iritasi terlebih dahulu, gunakanlah sabun pencuci wajah yang lembut dan bilaslah dengan air hangat. Usahakan jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol, asam dan wewangian.

Nah sekarang sudah taukan apa saja jenis-jenis kulit wajah, so apa jenis kulitmu saat ini girls ?? mimiw ingettin yahh apapun jenis kulit wajah kamu, tetap gunakan tabir surya setiap hari ya untuk melindungi radiasi ultraviolet, dan juga hindari paparan sinar matahari secara langsung. Selalu jaga kesehatan dan tidur yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Jangan lupa lagi nih rajin mencuci wajah setiap hari dan gunakan pelembap setelahnya. Dan ketika akan tidur, pastikan wajah kalian sudah bersih ya J

 

Lof,

Mimiw Evana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *